PENGEMBANGAN E-SCAFFOLDING TERMODINAMIKA BERBASIS
PEMBELAJARAN HYBRID UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP ILMIAH DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA
Affriyenni1
, Purbo Suwasono2
, dan Supriyono Koes Handayanto3
Jurusan Fisika Universitas Negeri Malang
1Mahasiswa Universitas Negeri Malang
2Dosen Fisika Universitas Negeri Malang
3Dosen Fisika Universitas Negeri Malang
E-mail: yessihasrizal@rocketmail.com
Penelitian dilakukan sebagai upaya untuk menyempurnakan hasil belajar dari dampak penggunaan bahan ajar dan website e-learning yang sudah ada. Website e-scaffolding termodinamika merupakan bahan ajar yang berwawasan modern untuk menumbuhkan sikap ilmiah dan prestasi belajar fisika. Hasil validasi materi menggunakan skala Likert menunjukkan skala 3,78 yang tergolong baik dan hasil validasi media menunjukkan skala 3,16 yang tergolong cukup baik. Berdasarkan hasil validasi tersebut diketahui bahwa website escaffolding termodinamika ini layak untuk digunakan. Kata Kunci: e-scaffolding, termodinamika, pembelajaran hybrid, sikap ilmiah, prestasi belajar
Full text : pdf
Klik dibawah ini :
http://jurnal-online.um.ac.id/data/artikel/artikelD46D063110CAAF9EA367BDA424CCB000.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar